Terapi Bekam | Cara Bekam

June 1, 2012

Pelatihan Bekam

Pelatihan Bekam

Pelatihan Bekam

Pelatihan Bekam

Pelatihan Bekam telah menjadi bagian dari pengobatan Cina selama ribuan tahun dan dipraktekkan saat ini oleh banyak ahli akupunktur, dukun dan klinik/salon. Hal ini sering digunakan sebagai alternatif akupunktur dan dapat diterapkan untuk sebagian besar titik-titik akupunktur dan meridian yang sama meskipun beberapa poin mungkin terlalu kecil untuk cupping. Pelatihan bekam digunakan di Cina terutama untuk mengobati penyakit pernapasan seperti asma dan bronkitis tetapi juga digunakan untuk artritis, sakit punggung rendah, depresi, masalah pencernaan dan berbagai jenis nyeri di daerah yang luas jaringan lunak. Kadang-kadang cupping digunakan setelah akupunktur untuk lebih merangsang aliran darah dan qi ke daerah.

Ide umum adalah untuk menciptakan sebuah vakum parsial dalam cangkir, yang kemudian ditempatkan pada kulit. Para pengisap pada permukaan kulit dari cangkir merangsang aliran darah di daerah itu, mengurangi kemacetan dan peradangan pada otot dan membuka jalur untuk menghilangkan racun. Dalam praktek Cina kuno, cangkir terbuat dari bambu, tanduk hewan atau tembikar. Pelatihan bekam cangkir yang paling sering digunakan terbuat dari kaca tebal sehingga ahli akupunktur dapat melihat kulit di bawah cangkir. Cara yang paling umum untuk menciptakan sebuah vakum di dalam cangkir adalah untuk membakar sesuatu di dalam cangkir, sering bola kapas direndam dalam alkohol atau lilin. Pembakaran mengkonsumsi oksigen di dalam cangkir, yang menurunkan kepadatan udara di dalam sehingga menciptakan vakum parsial. Cangkir tersebut kemudian dengan cepat berubah terbalik dan ujung terbuka ditempatkan pada kulit. Kekosongan parsial memegang cangkir di tempat  jika perlu, minyak dapat ditempatkan pada kulit sebelum tangan sehingga cangkir dapat dipindah-pindahkan. Metode ini disebut meluncur kop dan dapat digunakan untuk menutupi daerah yang cukup tebal kulit. Namun, lebih sering cangkir banyak digunakan sekaligus untuk menutupi area yang luas seperti punggung atau perut. Piala biasanya diterapkan pada titik-titik akupunktur tetapi juga dapat digunakan pada daerah tertentu dari rasa sakit. Dalam sesi cupping normal, cangkir yang tersisa di tempat selama 10 sampai 15 menit.

Membakar sesuatu di dalam cangkir, disebut sebagai bekam kering atau bekam api hanya satu cara untuk menciptakan hisap. Sebuah teknik yang lebih modern adalah dengan menggunakan pompa vakum atau cangkir hisap yang fleksibel yang melekat pada gelas kaca untuk menarik keluar udara di gelas yang telah ditempatkan pada kulit. Metode ini disebut udara cupping. Dalam beberapa kasus, kulit yang ditusuk dengan jarum sebelum cangkir diterapkan. Hal ini disebut bekam basah dan dipercaya untuk membantu menghilangkan racun dari tubuh. Biasanya hanya beberapa tetes darah ditarik keluar oleh tekanan selama bekam basah.

Pelatihan Bekam dianggap cukup aman tetapi tidak harus digunakan pada ruam atau pada orang yang mudah berdarah atau demam tinggi. Tidak ada sensasi rasa sakit dari cupping meskipun Anda pasti akan merasakan menarik pada kulit Anda. Kadang-kadang memar kulit kecil dapat dilihat setelah bekam tetapi biasanya akan hilang setelah beberapa hari. Sebagai alternatif untuk menggunakan jarum akupunktur, kop menghindari rasa sakit dan menusuk kulit dan tidak menuntut dokter yang berpengalaman. Tidak ada bahaya cedera jarum atau infeksi.

Pelatihan bekam bisa anda dapatkan kursusnya di Matahari Refleksi yang beralamat WTC Mangga 2 lantai 2 Blok D No. 71, Jakarta Utara. Kami menyediakan pelatihan kursus lainnya, antara lain: refleksi, relaksasi, ear candle, manicure, pedicure, totok wajah, totok aura, totok payudara, totok vagina dan facial buah. Pelatihan bekam ini kami juga menyediakan kursus di tempat. Hub : 08175043008.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: